Jinx Lotere – Ataukah Itu Hanya Takhayul yang Tidak Masuk Akal?

Undian harian Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

Saya akan memenangkan ! Saya akan menjadi kaya!

Oh tidak, apakah saya hanya membawa sial pada diri saya sendiri?

Apakah Anda pernah mengatakan itu pada diri Anda sendiri? Maksud saya, apakah Anda percaya bahwa mengatakan bahwa Anda akan memenangkan lotere menempatkan kutukan pada diri Anda sendiri? Beberapa orang percaya bahwa jika Anda mengatakan bahwa Anda akan memenangkan lotere, maka Anda tidak akan memenangkannya. Jadi, mereka percaya bahwa lebih baik berharap Anda memenangkannya, tetapi jangan pernah menyebutkannya dengan lantang. Apakah ada rasionalitas mereka untuk ini? Atau itu hanya takhayul yang tidak rasional?

Nah, pengertian kutukan adalah takhayul bahwa seseorang, benda, atau pengaruh yang dianggap membawa kesialan. Kata kuncinya di sini adalah “takhayul”. Menurut definisi, takhayul itu tidak rasional.

Karena kutukan adalah kepercayaan yang tidak rasional, konyol untuk berpikir bahwa mengatakan dengan lantang bahwa Anda akan memenangkan lotere akan menyebabkan Anda tidak memenangkannya.

Tidak percaya padaku? Nah, mari kita lihat sesuatu dalam budaya populer yang berkaitan dengan kutukan. Dipercaya bahwa jika seorang atlet profesional muncul di sampul majalah Sports Illustrated, itu akan membawa sial padanya, menyebabkan dia tampil di bawah standar, tidak pernah lagi mencapai tingkat penampilan yang membuatnya berada di sampul depan majalah di posisi pertama. Media mengabadikan mitos ini dengan memberikan contoh atlet yang muncul di sampul depan Sports Illustrated kemudian menggagalkannya. Berikut beberapa contoh yang mereka gunakan:

• Gelandang New England Patriots, Tom Brady, muncul di sampulnya pada September 2008. Kemudian, di game pertama musim ini, ACL dan MCL-nya robek di lutut kirinya.

• Pada bulan April 2010, Derek Jeter, Mariano Rivera, Andy Pettitte dan Jorge Posada dari New York Yankees muncul bersama di sampulnya. Dalam seminggu, Rivera, Petitte, dan Posada menderita cedera dan Jeter mengalami musim terburuk dalam karirnya.

Ada lebih banyak contoh dari ini, yang akan membuat beberapa orang percaya bahwa kutukan benar-benar ada. Namun, kutukan olahraga ini hanyalah sesuatu yang diciptakan oleh media. Ada lebih banyak contoh atlet yang muncul di sampul Sports Illustrated, tetapi tidak pernah memengaruhi kinerja mereka sama sekali. Hal ini tidak diberitakan oleh media.

Jadi apa hubungannya ini dengan kutukan lotere yang seharusnya? Itu hanya untuk menunjukkan bahwa kutukan adalah sesuatu yang dibuat-buat dan, karenanya, takhayul yang tidak rasional. Tidak masalah jika Anda mengatakan dengan lantang bahwa Anda akan memenangkan lotre. Itu saja tidak akan menjadi penyebab Anda tidak memenangkannya. Penjelasan yang lebih mungkin adalah bahwa Anda tidak akan memenangkannya karena kemungkinannya tidak menguntungkan Anda. Secara desain, hanya sedikit orang yang benar-benar memenangkan lotere. Itu ada hubungannya dengan keberuntungan dan tidak ada yang lain.